Selasa, 16 Januari 2018

TIPS MERAWAT KULIT WAJAH

Dalam literatur kedokteran, kulit wajah merupakan jaringan kulit yang paling sensitif di antara jaringan kulit lainnya pada tubuh manusia. Kulit yang menjadi organ tubuh paling mudah dilihat ini terdiri atas 3 lapisan : epidermis, dermis dan hypodermis.

Epidermis yang merupakan lapisan terluar ternyata memiliki 5-6 lapisan. Problem kulit berada pada stratum brasale paling bawah dan lapisan epidermis. Agar pada lapisan ini noda tidak terlalu kentara, misalnya bekas jerawat, tunggulah jerawat hingga matang. Sedang pada kulit berminyak jika hal ini tetap dilakukan maka erosi kulit bertambah lebar disamping penyebab lain adanya lubang pori-porinya juga sudah besar.

Meski jenis kulit dibedakan antara lain berminyak, kering dan normal, namun faktor hormon, lingkungan, dan individu, juga ikut mempengaruhi. Dr. Magdalena Tan, seorang konsultan kosmetik menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan kulit cantik tidak bisa berdasarkan satu faktor saja akan tetapi juga ada factor lain yang berasal dari dalam dan luar tubuh. Dua faktor tersebut turut mengambil peranan.

Dilema yang dialami wanita dengan jenis kulit berminyak umumnya adalah timbulnya jerawat akibat banyaknya kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon endrogen. Disisi lain, kelenjar minyak justru akan membuat wajah awet muda. Meskipun demikian produksi hormon tersebut dapat diatur seiring dengan jenis makanan yang kita konsumsi. Selain itu penyebab lainnya adalah munculnya perubahan usia.
Jenis makanan yang berlemak dan berminyak turut berperan dalam meningkatnya kadar minyak. Pada usia dewasa muda (sekitar 25 tahunan) hormon endrogen akan berkurang.

Oleh : Gabrilla, Syntia, Maura, Septiana, Tri Ananda /X Kc 1/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIPSTIK

LIPSTIK Pewarna bibir merupakan kosmetika yang digunakan untuk mewarnai bibir dengan sentuhan artistik sehingga dapat meningkatkan est...